Friday, May 24, 2019

Hoaks Terbesar Yang Pernah Terjadi Di Indonesia, Batunya Katanya Sakti!

Apakah kalian masih ingat dengan bocah ini?

Sudah lupa yah dengan bocah tersebut?
Baiklah, saya akan mengingkatkan kembali memori kalian dengan berita bohong (hoax) yang pernah dibuat oleh bocah tersebut.
“Emang, hoax apa sih yang pernah dia perbuat?”
Nama lengkap bocah itu adalah Muhammad Ponari atau sering dipanggil Ponari saja. Pada tahun 2009 silam dia sempat menghebohkan masyarakat Indonesia karena dia bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan menggunakan batu saja. Lalu, dia mendapatkan julukan baru yaitu dukun cilik Ponari.
“Apahh, kok batu bisa buat menyembuhkan berbagai penyakit sih?”
Batu tersebut menghasilkan panas karena saat Ponari temukan batu tersebut telah tersambar petir dan dia mencelupkan batu tersebut ke dalam air. Kebetulan saat itu, ada tetangganya yang sedang sakit. Ternyata, setelah diminum tetangganya langsung sembuh.
Selang beberapa hari, informasi tersebut menyebar cepat di lingkungannya. Banyak warga sekitar berbondong-bondong untuk menemui Ponari yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
Karena begitu banyaknya orang yang datang ke rumah Ponari untuk berobat. Akhirnya, orang tua Ponari memasang tarif yang mau berobat ke Ponari. Sang dukun cilik Ponari cukup hanya mencelupkan batu ajaib miliknya ke dalam air minum pasiennya.
Sang dukun cilik Ponari pun diliput oleh Tv lokal Indonesia sehingga Ponari menjadi sangat terkenal. Pasiennya menjadi bertambah banyak setiap hari yang datang ke tempatnya. Dari praktik pengobatan tersebut Ponari bisa mendapatkan miliaran rupiah.
Kalian pasti menganggap aneh pada orang-orang tersebut yang rela mengantri berjam-jam bahkan ada yang berhari-hari agar bisa berobat ke Ponari dan berharap bisa sembuh setelah memimum air yang sudah dicelupkan oleh batu milik Ponari.
Apakah batu tersebut benar-benar bisa menyembuhkan para pasiennya?
Sebenarnya batu ajaib milik Ponari tidak bisa menyembuhkan berbagai penyakit sama sekali. Apalagi batu yang diceplukan ke dalam air pasiennya tidak ada yang menjamin apakah air tersebut higienis atau tidak. Jadi, pengobatan Ponari itu adalah “HOAX” atau berita bohong. Tidak ada bukti scientific bahwa batu tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
Lalu, kenapa orang-orang tersebut mudah percaya dengan pengobatan Ponari?
Kalian pernah tidak mendengar istilah “Placebo EffectPengobatan Ponari itu adalah efek placebo dimana batu tersebut seolah-olah mempunyai zat aktif yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit tapi nyatanya tidak sama sekali. Efek placebo tersebut semakin kuat jika pasiennya berharap bisa sembuh. Sebenarnya pasiennya bisa sembuh karena sugesti. Efek placebo ini hanya bersifat sementara saja. Setelah sembuh, pasien Ponari menyebarkan informasi tersebut ke orang-orang.[1]
Perlu diingat juga masyarakat Indonesia mudah percaya dengan hal-hal cerita mistis. Lalu, kisah Ponari dikait-kaitkan dengan cerita mistis. Ya, mungkin karena kurangnya pengetahuan dan rendahnya pendidikan yang menyebabkan masyarakat Indonesia mudah tertipu dengan pengobatan instan tersebut.[2]
Jadi, kebohongan tersebut bukan berasal dari Ponari tetapi orang-orang di sekitarnya yang menyebarkan kebohongan yang menyatakan bahwa batu Ponari bisa menyembuhkan berbagai penyakit sehingga ribuan orang telah dibohongi oleh praktik pengobatan Ponari. Bahkan yang pernah membaca maupun menonton berita Ponari sudah tertipu juga.
Itulah adalah salah satu hoak terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca tulisan saya ya.
Load disqus comments

1 comments: