Friday, May 24, 2019

Jangan Percaya Sama Foto Cewek Di Sosial Media! Kameranya Jahat!

Makin kesini makin sulit bagi kita untuk mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu diantara sebegitu banyak hal yang kita lihat. Ini semua karena teknologi tinggi yang dimiliki oleh setiap orang. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan platform yang dapat melakukan itu semua baik yang gratis maupun yang berbayar.
Ada sebegitu banyak masalah tentang berita bohong dan ujaran kebencian yang menyebar sedemikian pesatnya di sosmed di seluruh dunia. Namun terlepas dari itu, ada ratusan ribu foto yang sudah di utak-atik dan direkayasa secara dijital.
Beberapa dari foto yang telah melalui proses editing bahkan semakin sulit untuk dibedakan. Semuanya editan, dan bahkan banyak pula dari kaum pesohor melakukan hal yang sama sebelum mereka mengunggah fotonya ke sosmed.
Dari sekian banyak orang yang menerima jasa foto editan, ada satu pengguna Weibo bernama “Kanahoooo”. Dia adalah seorang wanita berkewarganegaraan China, yang senang menerima order rekayasa foto dan mengedit gambar apa saja yang diberikan kepadanya. Kanahoooo gemar menyulap orang biasa menjadi model cantik dengan mengubah penampilan mereka ketika difoto.
Bila kita intip profilnya, semuanya tampak begitu luar biasa! terlebih ketika dibandingkan dengan gambar aslinya dapat kita lihat betapa halus hasil editannya.
Tidak percaya? Berikut ini barang buktinya dalam bentuk sebelum dan sesudah diedit:

Menurut Microsoft Network, membikin kita pangling ketika melihat foto seseorang adalah pekerjaannya sehari-hari. Dia dapat membuat orang terlihat menarik dan berkilau, terutama untuk mereka yang mendambakan terlihat seperti itu di sosmed. “Jangan terlalu percaya dengan apa yang kamu lihat di sosmed” pungkasnya, dan ini sungguh betul.
Dia juga bilang, “Jumpailah seseorang di kehidupan nyata jika kamu ingin tahu yang sebenarnya tentang dirinya” dan ini adalah fakta yang tajam. Segala yang kamu lihat di sosmed bisa saja menyesatkan dan palsu sebab internet itu penuh dengan kepalsuan dan tampaknya akan semakin sulit bagi kita untuk menilai keasliannya.
AL
Edit:
Bonus from pict buat kamoeh
Load disqus comments

1 comments: